Studium General; Bertanya pada Profesor Hayashi

Alhamdulillah, siang ini di hari kedua kuliah aku mendapat beberapa bingkisan manis, bingkisan penuh arti yang aku terima. Salah satunya adalah dapat mengikuti Studium General di gedung D12 FMIPA Unnes. Kali ini rombelku mendapat kesempatan untuk mengikuti kuliah umum yang sebenarnya hanya diperuntukan pada kelas Internasional dan kelas Bilingual, karena jurusan Ilmu Komputer belum mempunyai kedua kelas itu akhirnya kami dari rombel satu kelas biasa-biasa saja diundang untuk mengisi setiap kuota per jurusan yang sudah diatur oleh penyelenggara.

Studium General yang mengusung tema “Environmental Education for Sustainable Development” tersebut menghadirkan pembicara dari Hiroshima University. Mereka adalah Profesor Hayashi Takehiro yang merupakan pembicara utama, Doctor Tuswadi sebagai moderator dan satu lagi seorang Doctor yang aku lupa namanya hehe. Sebenarnya aku agak gugup mengikuti kuliah umum kali ini, karena dalam kuliah umum ini menggunakan pengatar bahasa Inggris.

Setelah beberapa sambutan baik dari bapak Dekan FMIPA tercinta Profesor Zaenuri dan yang lainnya Profesor Hayashi Takehiro menyampaikan materi sesuai dengan tema tersebut tentang pendidikan yang bewawasan lingkungan dan peran pendidik atau guru dalam menanamkan nilai-nilai tentang pentingnya menjaga lingkungan pada anak didiknya. Dari pembahasan ini meski dengan banyak sekali intensitas kening yang berkerat-kerut aku mencoba untuk memahami materi yang disampaikan oleh beliau. Aku teringat dengan kata-kata kakakku yang sudah sering bertemu dengan orang Jepang, dimana memang aksen berbicara mereka dalam berbahasa Inggris sedikit unik dan butuh kepahaman yang lebih untuk memahaminya. Karena skil berbahasa Inggrisku yang minim aku hanya mampu sedikit menangkap apa yang disampaikan oleh Profesor Hayashi. Meski begitu aku tidak ingin menyianyiakan kesempatan emas untuk bertanya langsung kepada seorang profesor apalagi dari Jepang, negeri yang menjadi impianku untuk menempuh pendidikan lanjut, Insya Allah.

Setelah sesi tanya jawab dibuka, aku tanpa pikir panjang langsung mengangkat tangan dengan mantap dan begitu tinggi, bagi orang lain mungkin bertanya pada sesi tanya jawab ini adalah hal yang biasa namun bagiku ini merupakan tindakan yang terkesan nekat karena biasanya aku cenderung berpikir terlalu panjang dan akhirnya membatalkan sesuatu, tetapi kali ini aku tidak ingin kebiasaanku yang terbelit-belit dengan pertimbangan mengalahkanku untuk mengambil kesempatan ini. Setelah mengatur napas (serius gugup lohh, profesor dari Jepang lagi) aku mulai menyampaikan sebuah pertanyaan meskipun dengan bahasa Inggris seadanya. Pertanyaanku kira-kira berisi tentang bagaimana cara negara Jepang untuk mengimplementasikan bebagai peraturan yang telah dibuat sehingga dapat menghasilkan output berupa perilaku yang baik pada masyarakatnya bahkan untuk hal kecil seperti disiplin dalam membuang sampah, aku juga menyampaikan kondisi di Indonesia dimana sudah banyak peraturan yang diberlakukan namun masih belum berjalan sesuai harapan. Setelah itu Profesor Hayashi menjawab dengan agak panjang dan yap aku benar-benar dibuat harus berpikir ekstra untuk memahami jawaban dari Profesor Hayashi dan alhamdulillah ada sedikit-sedikit yang nyantelah hehe. Setelah sesi tanya jawab dimateri pertama selesai dengan sekitar enam penanya, Profesor Hayashi melanjutkan ke materi kedua tentang pencegahan yang berkaitan dengan bencana alam.

Selepas sesi ini aku juga mendapat hal yang tak kalah manis dari Doctor Tuswadi yang merupakan alumni Unnes yang menyelesaikan program doctoralnya di Hiroshima University dan juga murid dari Profesor Hayashi.

Alhamdulillah hari ini mendapat hal manis yang menambah wawasan dan semoga semakin memberiku tamparan untuk senantiasa mencintai belajar, menikmati menuntut ilmu dan terus berjalan hingga batas dan berlayar hingga ke pulau. Insya Allah.

Sekaran, 30 Agustus 2016. Bertanya pada Profesor Hayashi dari Hiroshima University

Tinggalkan Balasan

