Semester Satu!

the-first

Bismillah Alhamdulillah, semester satu? Bye-bye :’D. Namun sebenarnya belum bertemu dengan teman lama yang berubah nama, iya dia, dia adalah yudisium iya YUDISIUMMM!!!! tenang-tenang… kalem Adi, tenang, sabar ini cobaan, mohon ditahan emosi *ehh. Fokus-fokus! Ehmm kembali fokus cerita lagi. Ketika awal aku dan teman-teman seperjuangan bertempuh habis-habisan di masa Orientasi, aku ingat kami diberi wejagan singkat nan melekat oleh salah satu kakak pendamping kami. Beliau bilang bahwa jangan kaget kalau nanti kalian stres disemester-semester awal karena itu hampir selalu terjadi bagi maba-mahasiswa baru. Alhamdulillah iya, aku mengalaminya.

Teknik Informatika, prodi pilihan pertamaku di SNMPTN. Terdapat cerita yang begitu panjang tentang latar belakang dan alasanku meminang program studi ini. Bukan karena parasnya dan juga pengagumnya yang banyak, tetapi memang terdapat alasan khusus mengapa aku memilihnya. Aku juga sempat menulis beberapa cerita tentang pilihan hati prodi, jangan dibaca, terlalu panjang dan melelahkan hihi. Tetapi satu hal yang wajib aku imani, bukan karena alasan apapun tetapi Insya Allah ini jalan yang terbaik, garis yang tak mungkin dapat aku bayangkan sebelumnya.

Diawal musim pada akhir agustus aku memulai cerita baru dilembaran baru (kecuali ketika aku memakai buku lama). Menurutku, aku terbilang orang yang sedikit optimistis, sayangnya sedikit, sedang halang-rintang menerjang didepan bergitu besar nan mengekang (hmm nampak begitu berlebihan). Hmm kembali ke mode biasa. Memang pada dasarnya aku yang terlalu lama beradaptasi, sehingga aku sedikit mengalami kesulitan dalam mengejar materi. Sebenarnya sudah sejak awal ketika aku memilih untuk berlabuh di program studi ini aku pasti akan menemui tembok yang besar, karena memang aku begitu awam dengan programming! Apa? ngode-ngode? Ngode dia aja kamu gagal -_-. BTW, jomblo itu pada dasarnya berkelas mamen!. Kembali fokus. Tetapi ada hal yang membuatku masih bertahan, alhamdulillah ternyata memang aku menyukai ngoding tetapi begitu benci dengan troubleshooting! Yes, I am so sure. Namun Terkadang aku termotivasi oleh teman-teman yang meski juga berasal dari SMA tetapi skillnya diatas rata-rata, dan ia pernah bilang rahasianya adalah fokus, komitmen, istiqomah, dan pantang menyerah. Nah, aku bertemu dengan satu masalah lagi. Tingkat ke-istiqomah-an ku begitu rendah. Hal yang bismillah akan terus aku perbaiki, mengingat konsistensi itu adalah salah satu kunci keberhasilan.

Semester ini begitu banyak kejutan yang aku dapat, tentu karena ini adalah satu semester serba baru dan berbeda. Mengenakan pakaian yang berbeda, gelar berbeda, tempat berbeda, dan motivasi yang harus juga lebih besar dari tingkat sebelumnya. Oiya, aku masih terbilang aktif di kampus, aku mengikuti beberapa pelatihan dan sekolah kepemimpinan karena memang melalui beberapa kegiatan tersebut aku mendapat pengalaman dan relasi serta tentu wawasan yang semakin terbentang. Tidak lupa aku selalu mencoba mengingat terus impianku ketika aku lulus dari SMA, impian itu yang masih menjadi salah satu Jalan-Nya untuk menjagaku tetap pada jalur. Setidaknya aku masih bermimpi.

Untuk semester depan tentu aku berharap dan akan berusaha untuk menjadi lebih baik. Terus belajar untuk belajar, terus meningkatkan kompetensi pada bidangku, terus melatih ketrampilan soft skill dan terus berusaha sedekat mungkin dengan Yang Memberi Jalan. Aamiin.

“Man jadda wajada!”

Sekaran, 16 Januari 2017.

Tinggalkan Balasan

